KRADENAN.COM, MEDALEM – Sebanyak 10 orang ditetapkan dan dilantik oleh Ketua PMI Kabupaten Blora, Insinyur Sutikno Slamet, sebagai pengurus Kampung Donor di Balai Desa Medalem, Minggu (06/06/2021).

Pengukuhan itu dihadiri langsung oleh Pengurus PMI Kabupaten Blora yang berwenang, Jajaran Pemerintah Desa Medalem, Kapolsek Kradenan, Ndanramil Kradenan, serta beberapa tokoh masyarakat Desa Medalem.

Kepala Desa Medalem, Anik Juwarti dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan yang bersedia dilantik sebagai pengurus kampung donor.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada njenengan-njenengan semua yang sudah bersedia dilantik menjadi pengurus kampung donor Desa Medalem”, ucap Anik dalam sambutannya. Ia menambahkan, kegiatan ini baru yang pertama kali di Desa Medalem.

“Jujur, ini baru yang pertama kali di Desa Medalem, jadi mungkin persiapan belum bisa full,” ungkap Anik. Ia juga berharap kampung donor ini bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Blora, Insinyur Sutikno Slamet juga menyampaikan selamat kepada para pengurus yang baru saja ia lantik.

“Selamat kepada pengurus kampung donor yang sudah dilantik, semoga keikhlasan njenengan bisa menjadi pahala di akhirat nanti,” ungkapnya dalam sambutan usai melantik para pengurus kampung donor.

Sutikno menambahkan, untuk kegiatan donor darah ke depan, pengurus dapat mencari momen-momen hari peringatan atau kebesaran untuk melaksanakan kegiatan donor darah, sekaligus sebagai salah satu bentuk perayaan di hari peringatan nasional atau pun hari besar desa.

Selain melaksanakan pengukuhan, Pemerintah Desa Medalem bersama Karang Taruna juga melaksanakan kegiatan donor darah bagi masyarakat Medalem dengan bekerja sama dengan tim donor darah PMI Kabupaten Blora.

Donor darah dibuka untuk semua masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Tidak hanya masyarakat Medalem, bahkan ada salah satu peserta donor yang berasal dari luar Desa Medalem.

Dari kegiatan itu, tercatat sebanyak 41 orang ikut berpartisipasi dalam menyumbangkan darahnya yang akan nantinya akan diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Jumlah itu sudah jauh melebihi target awal yaitu 40 pendonor. Mengingat kegiatan donor darah itu baru pertama kali diadakan di Desa Medalem pencapaian tersebut merupakan suatu capaian yang menggembirakan.

Ketua pengurus kampung donor Desa Medalem, Sujatmiko S.Pd mengatakan kegiatan donor darah berikutnya akan diadakan kembali pada bulan September. Hal ini mengingat jangka waktu yang orang bisa mendonorkan darahnya kembali adalah 3 bulan.

“Kita akan adakan lagi nanti bulan September, untuk tanggal masih kita cari,” ujarnya seusai kegiatan.

(Muhammad Muza’in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *