Cepu Adventure Rescue Latihan Evakuasi Di Tebing Tegak Sentono

KRADENAN.COM | Mendenrejo – Cepu Adventure Rescue (CAR) menggelar latihan vertical rescue di tebing kompleks wisata Gua Sentono, Kecamatan Kradenan, Minggu (5/9) pukul 09.00 WIB. Cepu Adventure Rescue merupakan wadah para relawan yang berfokus di penyelamatan vertikal.

Latihan itu diikuti oleh sekitar 15 anggota yang sebelumnya sudah tergabung di CAR. Lokasi tepatnya berada di sebelah timur kompleks wisata Gua Sentono. Serta anggota dari Zulfikar Rescue STAI Al Muhammad Cepu.

“tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan atau keahlian evakuasi tebing tegak kepada anggota CAR yang akan dibentuk,” kata Pembina CAR Jono Sukarjan yang sering disapa Pakdhe Jon.

Pakdhe Jon yang sekaligus penggagas CAR tersebut menjelaskan, para anggota mendapatkan materi evakuasi tandem dengan rapelling bersamaan dan evakuasi tandem gendong depan. Materi ini digunakan untuk evakuasi tebing tegak atau gedung bertingkat. Peserta yang ikut sebelumnya sudah mendapatkan materi dasar penggunaan peralatan dan keamanan. Jadi potensi adanya resiko kecelakaan sudah terminimalisir.

“Evakuasi tandem gendong depan untuk korban yang tidak memungkinkan melakukan rappeling,” lanjut pria berusia 52 tahun itu.

Anggota juga mendapatkan materi manajemen tandu basket agar aman saat melakukan evakuasi. Serta yang terakhir evakuasi korban dengan 2 orang rescuer dengan teknik lowering.

“Harapannya semua peserta menguasai materi tersebut dengan detail dan siap diperbantukan apabila terjdi musibah atau kecelakaan dimana car evakuasinya harus dengan teknik tersebut (vertical rescue),” harapnya.

Untuk diketahui, Jono Sukarjan merupakan salah satu senior yang berpengalaman di Vertical Rescue Indonesia. Sebelumnya, pada bulan Juli lalu diadakan rapat pembentukan struktur organisasi relawan CAR. Setelah semua anggota menguasai materi organisasi relawan vertikal rescue CAR akan dibentuk secara resmi.

Sebelum adanya CAR, Pakdhe Jon sudah lebih dulu membentuk Cepu Adventure (CA) yang mewadahi para peminat kegiatan vertikal dan alam. Cepu Adventure juga sudah pernah memberikan pelatihan kepada beberapa sekolah di antaranya yakni, SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban, MA Kartayudha, Mapala STAI Al-Muhammad dan beberapa sekolah lainnya.

Pelatihan tebing tegak yang dilaksanakan di Gua Sentono itu merupakan salah satu materi dari vertical rescue. Materi lainnya yang juga dilatih yakni penyelamatan jembatan, gua, sumur dan beberapa medan vertikal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *